Pemerintahan Daerah

Pemerintahan Daerah

 

Pemerintahan daerah di era otonomi daerah memegang peranan penting dalam memajukan pembangunan di suatu daerah. Hal ini disebabkan urusan yang dulunya merupakan domain pemerintah pusat, saat ini melalui pelaksanaan otonomi daerah telah diserahkan kewenangannya kepada pemerintahan daerah.

 

Dalam melaksanakan urusan yang menjadi kewenangan tersebut, pemerintahan daerah di setiap daerah berusaha untuk menerapkan sistem dan manajemen yang dianggap efektif dan efisien yang dapat mendukung pencapaian tujuan pembangunan daerah masing-masing. Diantara sekian banyak metode dan sistem yang diterapkan oleh pemerintahan daerah, diantaranya ada yang berhasil menciptakan pemerintahan di daerah yang mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, dan ada pula yang gagal memberikan pelayanan kepada masyarakat dan atau justru menimbulkan kemunduran sehingga belum mampu mewujudkan cita-cita penyelenggaraan otonomi daerah.

 

Beberapa konsep mengenai pemerintahan di daerah serta upayanya dalam melaksanakan pembangunan di daerah seharusnya menjadi contoh dan referensi bagi daerah lainnya untuk mengembangkan kualitas pemerintahan daerah dalam seluruh aspek sebagaimana yang kita harapkan.

 

Kategori Pemerintahan Daerah

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka melalui artikel ini kami bermaksud menyampaikan bahwa informasi yang terkait dengan tema pemerintahan di daerah untuk selanjutnya akan kami buat dalam satu kategori khusus, yakni kategori pemerintahan daerah. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pembaca mengakses informasi mengenai pemerintahan daerah. Selain itu, hal ini juga akan memudahkan kami untuk mengupload berita dan informasi terkait dengan pemerintahan daerah di Indonesia.

 

Pemerintahan-Daerah

 

Maksud dan tujuan pembuatan kategori mengenai pemerintahan daerah ini adalah sebagai bahan referensi atau rujukan bagi pemerintahan daerah lainnya di Indonesia untuk mengembangkan kapasitas pemerintahan daerahnya masing-masing dalam rangka mewujudkan visi dan misi daerah. Tentunya ada banyak hal yang perlu dan dapat dipelajari dari bentuk dan karakter pemerintahan daerah lainnya di Indonesia, untuk kemudian dijadikan sebagai perbandingan dalam upaya mewujudkan pemerintahan di daerah yang berkualitas di daerah masing-masing.

 

Hampir bisa dipastikan bahwa kualitas atau maju mundurnya pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia pada umumnya, dan di daerah pada khususnya, sangat ditentukan oleh kualitas pemerintahan daerah yang bekerja sebagai leader dan pelopor di dalamnya.

 

Demikian informasi mengenai kategori pemerintahan daerah ini disampaikan dan terima kasih atas perhatinnya.

Advertisement

One Response to “Pemerintahan Daerah”

  1. andika putra kenedi

    Jul 18. 2014

    Saya berharap pemerintah daerah atau pusat agar lebih tegas dlam memberi keputusan untuk suatu proses otonomi daerah,yang akan menjadi pemekaran dlam setiap daerah,,kenapa saya katakan begitu,agar tidak ada nya unsur unsur untuk suatu pihak yang berwenang,agar tidak ada nya mencari keuntungan dlam setiap oknum,di daerah daerah,agar lebih memperhatikan,rakyat dan masyarakat nya setempat,

    Reply to this comment

Komentar terhadap "Pemerintahan Daerah"